Advetorial

Solusi AutoID di Area Manufakturing

Administrator | Rabu, 29 Juni 2016 - 11:16:28 WIB | dibaca: 1619 pembaca

Jakarta -

Dinamika dunia usaha khususnya di area industri Manufaktur, kian mendorong penerapan teknologi agar dapat meningkatkan produktivitas dan daya saing. Dengan adanya penerapan teknologi yang tepat guna, terbukti dapat menghasilkan efisiensi biaya operasional dan peningkatan produktivitas yang signifikan. Salah satu faktor kunci yang membuat hal tersebut terjadi, adalah adanya arus pertukaran informasi (data) yang cepat (real-time) dan akurat ke dalam sistem informasi perusahaan secara konsisten. Dengan kata lain, dengan adanya penerapan teknologi yang tepat guna ke dalam sistem informasi perusahaan, akan meningkatkan laba usaha dan tingkat layanan pelanggan menjadi lebih baik lagi.

Salah satu teknologi tepat guna yang mendukung hal tersebut di atas adalah teknologi 'Automatic Identification and Data Capture' (AIDC), biasa disebut AutoID atau ADC (Automatic Data Capture). Di mana termasuk di dalamnya solusi Bar Code, RFID (Radio Frequency Identification) hingga Mobile Computer/Handheld Computer/Portable Computer (Komputer Genggam). Hampir semua sistem informasi dan software ERP perusahaan sudah dirancang dapat terintegrasi dengan teknologi AutoID. Bahkan tanpa penerapan AutoID, sistem infomasi atau sistem ERP perusahaan akan menjadi tidak optimal, padahal perusahaan sudah melakukan banyak investasi uang, sumber daya manusia dan waktu.

Beberapa contoh penerapan AutoID di area manufakturing yaitu pada aplikasi :

1.
Warehouse Management System(WMS)

Pada Warehouse Management System, Solusi AutoID dapat diimplementasikan mulai dari proses Penerimaan barang(Receiving), Penempatan(Put away), Pengambilan(Picking), sampai dengan Pengiriman(Shipping).Salah satu yang menjadi concern dari pada penerapan AutoID diarea Warehouse ini adalah Validity Time dari suatu product yang memiliki masa kadaluarsa, sehingga proses FIFO(first in first out) pada WMSadalah suatu hal yang mandatory/wajib. Adapun mekanismenya :

a. Penerimaan Barang(Receiving)

Pada saat barang datang, bagian penerimaan akanmencetak label dengan menggunakan barcode printer(Ref: Intermec PD43), berisi data product dan tanggal kadaluarsa dari produk tersebut. Admin gudang pun akan mencetak dokumen penerimaan dimana pada dokumen tersebut tercantum barcode penerimaan. Barcode dokumen akan discanning oleh petugas penerima barang menggunakan Mobile Computer(Ref: Honeywell CK3X)

b. Penempatan(Put away)

Produk akan ditempatkan pada rak barang yang sudah ditentukan oleh sistem. Petugas forklift akan men-scanning barcode dokumen dengan scanner yang sudah terhubung ke Vehicle mount(Ref: Honeywell VM1) yang terpasang di forklift untuk mendapatkan info rak penempatannya. Setelah sampai di rak yang dituju petugas forklift meletakkan barang tersebut dan men-scanning Barcode Racking sebagai konfirmasi bahwa barang sudah diletakkan di rak tersebut kemudian dilanjutkan lagi dengan proses picking dengan metode first in first out, maka proses ini akan mengakibatkan kualitas produk yang terkirim ke market menjadi lebih terjamin.

c. Pengambilan (Picking)

Proses ini mirip dengan proses penempatan barang di mana petugas akan dipandu oleh sistem untuk mengambil dan menempatkan barang tersebut ke lokasi pengiriman yang tepat.

d. Pengiriman(Shipping)

Saat pengiriman barang petugas pengiriman barang dengan menggunakan mobile computer akan menscanning barcode yang ada di dokumen pengiriman yang dikeluarkan oleh admin gudang.

Dengan menggunakan mobile computer/vehicle mount yang disupport wi-fi dan didukung oleh infrastruktur wireless yang mengcover seluruh area, maka data setiap transaksi di atas dapat ter-update secara on line dan real time pada sistem. Sehingga pergerakan unit stock di gudang akan dapat lebih mudah termonitoring. Info stock disini sangatlah penting karena akan mempengaruhi kelancaran proses selanjutnya yaitu distribusi produk.

2. Line Produksi

Setiap Line Produksi di manufakturing, yang memproduksi suatu produk secara masal biasanya dilengkapi/terpasang industrial PC yang berisi aplikasi penginputan data barang. Setiap produk sudah harus diberikan barcode sebagai kode identifikasi yang memudahkan penginputan oleh barcode scanner. Untuk kenyamanan dan kemudahan kerja para petugas di line produksi diperlukan wireless barcode scanner(Ref: Honeywell Granit 1910i) yang terhubung ke Industrial PC tersebut. Data yang sudah terbaca oleh Industrial PC selanjutnya akan diteruskan ke server melalui media wi-fi.

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai solusi auto-id di manufakturing ini anda dapat menghubungi kami di +62 21 4205408, 4205187 Ext 315 dan 220, Hot line 0812 8222 8691 atau dapat mengunjungi website kami di www.acsgroup.co.id.

ACS GROUP(PT. AUTOJAYA IDETECH & PT. SOLUSI PERIFERAL) sebagai perusahaan profesional yang berdiri sejak tahun 1991, telah memberikan solusi tepat guna untuk ribuan Enterprise di seluruh Indonesia baik untuk solusi AUTO-ID, Wireless Networking, Security maupun Professional Services. Perusahaan kami memiliki 4 cabang yaitu di Cikarang, Semarang, Surabaya dan Denpasar-Bali.


(detikcom/adv/adv)

Solusi Hemat Telekomunikasi Untuk Kantor bisa didapatkan melalui PT. MGM

 










Komentar Via Website : 16
Solusi Telepon
28 Mei 2015 - 17:41:53 WIB
mgm-penyedia solusi hemat telekomunikasi
Pengobatan Alternatif Benjolan Di Leher Secara Tradisional
25 Desember 2016 - 10:16:55 WIB
Hanya bisa berdoa dan berusaha semoga hasilnya lebih baik lagi ? http://goo.gl/ktKpdE | http://goo.gl/NLe92N | http://goo.gl/yR8VZk | http://goo.gl/AbT4sy | https://goo.gl/LMdahQ
AwalKembali 12 Lanjut Akhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)