Jokowi JK

Selain di Sumatera, Jokowi Juga Akan Groundbreaking Tol Trans Jawa Terpanjang

Administrator | Jumat, 01 Mei 2015 - 07:08:28 WIB | dibaca: 1884 pembaca

Jakarta -Selain meresmikan Tol Trans Sumatera di Lampung, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga akan melakukan groundbreaking proyek salah satu ruas Tol Trans Jawa yang masih terputus. Sore ini, dijadwalkan Jokowi akan meresmikan dimulainya pembangunan Ruas Tol Solo-Kertosono sepanjang 177 Km.

Tol Solo-Kertosono mencakup dua bagian yaitu Solo-Ngawi 90,1 Km dan Ngawi-Kertosono 86,6 Km. Hari ini merupakan seremoni acara peletakan batu pertama Tol Solo-Kertosono.

Seremoni tersebut akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingin Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno.‎

"Solo-Ngawi sudah pernah kita groundbreaking tahun 2013 dan sudah jalan sebagian. Saat ini tinggal kita percepat. Sedangkan yang Ngawi-Kertosono itu adalah peletakan batu pertama, jadi baru pertama kali," ujar Plt Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Achmad Gani Ghazali dihubungi detikFinance, Kamis (30/4/2015).

Jalan tol ini baru saja diambil alih oleh investor sebelumnya dari PT Thiess Cotractors Indonesia (TCI) oleh dua Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni PT Jasa Marga dan PT Waskita Karya. Alasannya, saat dipegang konsesinya oleh investor sebelumnya, progres proyek tak menunjukkan perkembangan pengerjaan konstruksi sesuai yang diharapkan.

Ruas jalan tol Solo-Ngawi dimiliki oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Solo Ngawi Jaya. Sementara ruas jalan tol Ngawi-Kertosono oleh BUJT PT Ngawi Kertosono Jaya. Dua BUJT tersebut semula dimiliki 100% oleh PT Thiess Contractors Indonesia (TCI).

"Meskipun ada dua ruas, tetapi pemilik sebelumnya sebenarnya juga kan satu yaitu Thiess. Jadi kita groundbreaking dan percepatannya kita barengkan," katanya,


(dna/hen)

sumber: detik.com










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)