Daerah

Relawan Jokowi Se-Indonesia Kongres di Bandung

Administrator | Senin, 17 Juni 2013 - 10:00:25 WIB | dibaca: 705 pembaca

BANDUNG-Seratusan Relawan Joko Widodo (Jokowi) dari 19 provinsi di Indonesia menggelar kongres di Gedung Indonesia Menggugat (GIM) Bandung, Sabtu (15/6). Kongres ini mendukung Jokowi menjadi Presiden RI.

Kongres ini bertajuk "Gerakan Mendukung Jokowi Presiden RI 2014: Kongres Relawan Jokowi Sedunia, Bersatu Kita Pasti Mampu Menuju Indonesia Baru". Kongres yang berlangsung seharian itu di antaranya diikuti perwakilan relawan dari Aceh, Lampung, Kalimantan, Makassar, Maluku, Banten, beberapa daerah di Jabar dan DKI Jakarta, Surabaya, Madura, Papua. Acara kongres di antaranya diskusi, testimoni relawan Jokowi, dan hiburan berupa suguhan lagu akustik.

Kongres ini dilatarbelakangi sepak terjang Jokowi, mantan Walikota Surakarta/Solo itu yang kini Gubernur DKI Jakarta. Jokowi disebutkan sebagai tokoh fenomenal. Pria ini awalnya tidak banyak menarik perhatian, tetapi akibat kebijakannya ia makin dikenal sebagai Walikota Solo yang pro rakyat. Saat itu, Jokowi dikenal dengan kebijakan yang menolak pasar modern sekaligus mengembangkan pasar tradisional. Lewat kebijakan ini, Jokowi dinilai telah membangun stuktur ekonomi kerakyatan.

Lalu Jokowi berhasil mencuri perhatian publik ketika maju di Pilgub DKI. Selanjutnya ia terus melakukan gebrakan, salah satunya lewat Kartu Jakarta Sehat (KJS). Kebijakan KJS ini mendapat kritikan serius dari berbagai pihak, termasuk DPRD Jakarta, tetapi Jokowi tak bergeming. Ia pun menambah jumlah penerima KJS dari 1,7 juta orang menjadi 4,7 juta jiwa.

Salah seorang relawan, Effendi Saman, mengatakan, atas dasar latar belakang tesebut maka digelarlah "Kongres Gerakan Mendukung Jokowi Presiden RI 2014" tersebut.

Awalnya, para relawan Jokowi ini "berserakan" di media sosial, misalnya di facebook. Ada sekitar 100 akun facebook yang konsisten mendukung Jokowi untuk menjadi Presiden RI. Akun tersebut berasal dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan luar negeri.

Effendi menyebutkan, semua akun media sosial sependapat bahwa Jokowi sebagai pembawa perubahan. Misalnya akun asal Jatim menginginkan Jokowi Jadi Gubernur Jatim, begitu juga warga Jabar dan lain-lain. Mereka tertarik dengan gaya kepemimpinan Jokowi yang membuat kebijakan, melaksanakannya sambil turun langsung turun ke lapangan.

Bahkan, akun dari warga negara Indonesia yang berada di luar negeri juga menyatakan pendapat serupa. Effendi menuturkan, WNI yang ada di Amerika Serikat, Jerman, Cina menyatakan bahwa Jokowi adalah tokoh perubahan.

"Artinya, Jokowi bukan hanya milik Jakarta, tapi menjadi inspirasi bagi warga negara di luar negeri. Tidak berlebihan jika kami menggagas kongres relawan Jokowi sedunia ini," terang Ketum LBH Nusantara ini, di sela kongres.

Jumlah relawan, Effendi menggambarkan, dari sekitar 100 akun facebook, ada 50 akun yang rata-rata anggotanya 15 ribu hingga 60 ribu anggota.

Kongres yang pertama ini sebagai bentuk konsolidasi dari seluruh relawan yang sebagian merupakan anggota akun facebook tersebut. Hasil kongres adalah mendesak partai-partai politik agar mengusung Jokowi sebagai Presiden pada 2014. Jokowi meski sebagai kader PDI Perjuangan (PDIP), tetapi pada dasarnya milik rakyat Indonesia. "Jokowi bukan hanya milik PDIP tapi milik publik," tegasnya.

Langkah untuk mendesak parpol itu dengan membuat petisi dan mengumpulkan tandatangan relawan sebanyak-banyaknya. Pengumpulan dimulai 10 Juni lalu, dan ditargetkan terkumpul hingga akhir Juni ini. Jumlah tanda tangan yang sudah terkumpul untuk sementara mencapai 1,2 juta tandatangan.

"Petisi ini akan diberikan ke parpol yang kita desak untuk jadikan Jokowi sebagai presiden. Kita akan sampaikan juga ke DPR, MPR dan intitusi negara lainnya," sebutnya.

Kongres ini akan menghasilkan deklarasi relawan Jokowi. Bentuknya bukan organisasi, tetapi bebas bergerak di tiap daerah untuk menggalang dukungan dan dana bagi pencalonan Jokowi.

Para relawan juga terdiri dari relawan Jokowi Pilgub DKI Jakarta. Mereka akan melakukan road show ke berbagai daerah di Indonesia, serta membentuk posko. Di Bandung, posko relawan dipusatkan di Jalan Maleer 126 Bandung.

"Kita selain dibantu relawan Jokowi di Pilgub DKI, juga ada 120 advokat yang akan sukarela memberikan advokasi," ujarnya

Sumber: koran-jakarta.com










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)