PILPRES 2014

Real Count Sementara, Jokowi-JK Menang di Purworejo

Administrator | Sabtu, 12 Juli 2014 - 12:37:07 WIB | dibaca: 1916 pembaca

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden RI Joko Widodo-Jusuf Kalla meraih kemenangan dalam penghitungan sementara suara Pilpres 2014 di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Ketua KPU Kabupaten Purworejo Dulrokhim di Purworejo, Jumat, mengatakan bahwa pasangan nomor urut 2 Jokowi-JK meraih kemenangan sementara dengan 242.498 suara, sedangkan pasangan nomor urut 1 Prabowo Subianto-Hatta Rajasa 156.645 suara.

"Baru 96,35 persen dari total 494 panitia pemungutan suara (PPS) yang sudah melaporkan kepada kami tentang hasil rekapitulasi di tingkat desa," katanya.

Kabupaten Puworejo menyiapkan 1.863 tempat pemungutan suara (TPS) Pemilu Presiden 2014 pada hari Rabu (9/7) yang tersebar di 494 desa dan 16 kecamatan, sedangkan warga setempat yang masuk daftar pemilih tetap berjumlah 629.797 orang.

Ia mengatakan bahwa rekapitulasi suara Pilpres di tingkat desa di kabupaten itu dijadwalkan pada tanggal 10--12 Juli, sedangkan tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada tanggal 13 Juli, dan tingkat KPU Kabupaten pada tanggal 16 Juli 2014.

"Hari ini kami targetkan selesai untuk masalah rekapitulasi di tingkat desa," katanya.
Ia menyebutkan beberapa PPS yang belum menyampaikan laporan ke KPU Kabupaten Purworejo tentang hasil rekapitulasi tersebut, terutama di desa-desa kawasan pegunungan, seperti di Kecamatan Bruno, Bener, Loano, dan Kaligesing.

"Yang memang daerahnya lebih sulit dijangkau karena di pegunungan, laporannya belum masuk," katanya.

Ia mengatakan bahwa rekapitulasi suara Pilpres di tingkat PPS berjalan dengan lancar dengan sebagian besar para saksi menerima dan menandatangani formulir D yang antara lain tentang berita acara dan lampirannya berupa hasil rekapitulasi tingkat desa.

Pengamanan oleh kepolisian terhadap jalannya rekapitulasi suara Pilpres, katanya, cukup ketat untuk mengantisipasi kemungkinan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Ia mengharapkan rekapitulasi suara Pilpres hingga tingkat kabupaten setempat berjalan aman dan lancar serta sesuai dengan jadwal KPU.










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)