Wisata

Presiden Jokowi Bersama Ibu Negara Iriana Jokowi Hadiri Festival Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016

Administrator | Kamis, 25 Agustus 2016 - 10:00:48 WIB | dibaca: 3016 pembaca

PARAPAT, Kegiatan Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016 merupakan acara puncak hari kemerdekaan Republik Indonesia yang dipusatkan di Parapat Kabupaten Simalungun dan Balige Kabupaten Tobasa.

Kegiatan diawali dengan acara Panggung Terapung Musik Kemerdekaan di pantai bebas parapat, Sabtu (20/8/2016). Acara ini dibuka secara resmi oleh Menteri Parawisata Arief Yahya sekitar Pukul 16.00 Wib.  Acara dilokasi sudah dipenuhi ribuan penonton hingga malam hari menyaksikan aksi musik artis papan seperti  Sammy Simorangkir, Edo Kondologit, Oppie Andaresta, Bujana & Tohpati Etnomission, Slank dan JFlow. Termasuk juga penampilan Tari Daerah Seperti dari Daerah Karo dan Simalungun.

Presiden Joko Widodo hadir sekitar pukul 21.00 WIB, datang bersama rombongan menteri, Anggota DPD RI serta Kapolri. Presiden bersama rombongan disambut meriah oleh ribuan penonton yang sebelumnya sudah berada dilapangan.


Suasana Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016 dihiasi dengan Kapal dan Perahu lampu mengelilingi Danau Toba, pada penghujung acara juga  dinyalakan prosesi kembang api, yang membuat acara ini sangat meriah.

Acara Panggung  Musik Terapung ini merupakan rangkaian kegiatan Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016 yang puncaknya diadakan pada  hari minggu (21/8) di kota Balige Kabupaten Tobasa.

Karnaval dan pesta rakyat di kawasan Danau Toba berlangsung selama dua hari, 20-21 Agustus, dan diikuti peserta dari 26 provinsi, 26 kabupaten dan kotamadya di provinsi Sumatera Utara, dan 7 kabupaten di kawasan Danau Toba. Kegiatan ini dilengkapi oleh panggung terapung yang menampilkan musisi ibukota dan opera batak, parade perahu berhias lampu-lampu di malam hari, festival kuliner, pesta kembang api, serta karnaval sepanjang 3,5 km dengan jalur yang membentang dari Soposurung hingga Simpang Sibulele di Kabupaten Tobasa.


Menteri Pariwisata Arief Yahya, dalam keterangan persnya di Hotel Inna Parapat, Simalungun (20/8) mengungkapkan kegiatan KKPDT yang merupakan puncak dari rangkaian perayaan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-71 ini merupakan wujud komitmen Presiden Joko Widodo untuk memperluas rangkaian perayaan HUT Kemerdekaan RI, sehingga atmosfernya juga terasa hingga ke luar Jawa.

Pada Minggu pagi Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengunjungi Kabupaten Samosir. Presiden bersama rombongan menggunakan speed boat dari Parapat menuju Tomok yang ditempuh sekitar 30 menit. Di sana, Presiden beserta Ibu Negara Iriana Jokowi  dan rombongan disambut Bupati Samosir Rapidin Simbolon bersama masyarakat ratusan masyarakat. Setelah acara penyambutan dan diulosi. Presiden Jokowi Juga diberi tungkot Panaluan, sebagai tanda seorang Pemimpin untuk suku Batak yang selanjutnya meninjau pengembangan potensi wisata di Pulau Samosir.


Selain itu, Presiden juga melakukan penanaman pohon bersama dengan masyarakat setempat. Sebelumnya dalam rangkaian kunjungannya Presiden sudah melakukan  kunjungan ke Nias, Sibolga dan Tapanuli Utara.

 

Pada Hari Minggu 21 Agustus 2016 pada hari puncak pesta Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba, Balige benar-benar berpesta. Masyarakat lokal beserta wisatawan tumpah ruah dijalanan yang membentang panjang, dari Soposurung hingga Sibulele sepanjang 3.5 km.

Seluruh warga Kabupaten Tobasa tumpah ruah di puncak peringatan HUT ke-71 RI yang dihadiri Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Widodo itu. Mengenakan “ulos raja” Ragidup Sirara warna gelap dan ornamen putih, orang nomor satu di Tanah Air itu ikut pawai sepanjang 3,5 km.


Di tengah perjalanan, Presiden Jokowi yang memakai baju hitam dan sortoli penutup kepala khas Batak. Presiden bersama rombongan kelihat   melempar kaos kepada penonton sambil melambaikan tangan ke kiri dan kanan. Kelihatan dalam Kereta Karnaval Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Jokowi ada Bapak Luhut Binsar Panjaitan Bersama Ibu, Ada Bapak Darmin Nasution, Bapak Pratikno, Bapak Arief Yahya, Basuki Hadimuljono, Bapak Budi Karya Sumadi,dll. Pada Kereta Berikutnya Ada Rombongan Gubernur Sumut Tengku Riady, bersama Bupati-Bupati Kabupaten yang mengelilingi Danau Toba, kelihatan Bupati Samosir Rapidin Simbolon , dll. Menyusul kereta karnaval yang disana ada Maruarar Sirait bersama Rombongan.

Ibu Iriana yang tampil ceria dengan baju merah juga melambaikan tangan dari atas mobil hias berdesain ikan mas dengan sulur-sulur berwarna hitam-merah-putih. Ulos bermotif Tum-Tum yang didesain khusus oleh Edward Hutabarat pun terlihat elegan dan bersahaja.

Arak-arakan budaya yang dipandu Kementerian Pariwisata itu boleh dibilang sukses besar. Acara demi  acara sukses, pelaksanaan lancar, dan sesuai skenario, serta nyaris sempurna. Semua kontingen, 44 nomor tampil optimal, dilepas di garis start Jalan Tarutung, Patuan Nagari sampai finis di Lapangan Sisingamangaraja, Simpang Sibulele. Semua bergerak lancar membelah lautan manusia yang hampir 100 persen mengenakan identitas ulos dan pengikat kepala.

Secara Keseluruhan Pelaksanaan acara ini sangat dahsyat, semoga kedepan Pariwisata Indonesia semakin maju. (MRV)

 










Komentar Via Website : 49
cara membuat kulit sehat ternutrisi
12 Oktober 2016 - 07:52:29 WIB
Selamat pagi, senang sekali dapat berkunjung ke berita ini. http://zzb.bz/HV6GU
Cara Mengobati Kanker Pankreas Secara Alami
12 Oktober 2016 - 14:38:21 WIB
informasi yang sangat bermanfaat, sukses selalu https://goo.gl/T6BUv1
obat dispareunia pada pria
12 Oktober 2016 - 16:09:54 WIB
Semoga artikel ini dapat menambah wawasan saya. http://zzb.bz/vfLdC
cara menyembuhkan asfiksi paru
13 Oktober 2016 - 16:05:18 WIB
Berita yang menginsvirasi di sore hari ini. http://zzb.bz/oE2kt
Pantangan Makanan Penderita Maag
14 Oktober 2016 - 09:19:49 WIB
kunjungi juga artikel kami https://goo.gl/XDKjqj
Obat Herbal Bentol Bentol Karena Alergi
15 Oktober 2016 - 10:54:23 WIB
info yang sangat bermanfaat untuk di simak

Obat Herbal Bentol Bentol Karena Alergi
http://ow.ly/qdYW305cH55
AwalKembali 123... 5 Lanjut Akhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)