Opini

Penelitian Guru Besar UI: Masyarakat Mau Jokowi, Mega Cs Ditolak

Administrator | Jumat, 20 Desember 2013 - 18:33:23 WIB | dibaca: 3701 pembaca

Jakarta - Guru Besar Psikologi Universitas Indonesia Hamdi Muluk melakukan studi tentang capres yang paling dipilih rakyat di Pemilu 2014 nanti. Hasilnya, Jokowi muncul sebagai capres yang paling dikehendaki rakyat, tidak ada lawan yang seimbang.

"Jadi hasil meta review saya, hampir semua studi kesimpulannya Jokowi melejit ke arah 50%, sementara yang lain turun. Artinya polaritasnya masih tajam," kata Hamdi saat berbincang dengan detikcom, Kamis (19/12/2013).

Nama-nama capres lama yang akan berlaga di Pilpres 2014 justru menurun. Termasuk nama capres Gerindra Prabowo Subianto dan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri juga tak membahayakan lagi di Pilpres 2014.

"Kesimpulannya wajah lama seperti Prabowo, Aburizal Bakrie, Megawati, pun ditolak. Ini dianggap makanan lama yang mulai basi, mungkin masyarakat perlu makanan segar dan bergizi. Jokowi betul makanan segar tapi belum tentu juga kualitas paling bagus," katanya.

Temuan ini, menurut Hamdi, justru berbahaya. Karena masyarakat menjadi tidak punya pilihan lain.

"Saya lagi studi memunculkan nama tokoh berusia di bawah 55 tahum, ada sekitar 12 nama lah. Itu kriterianya ya yang muda, yang masih segar. Nanti saya launching akhir tahun hasilnya," kata dia.

Hamdi sendiri berharap ada tokoh-tokoh yang mampu menjadi lawan tangguh bagi Jokowi. Dalam semangat melahirkan kontestasi yang lebih kompetitif.

"Nanti saya beri judul mencari lawan tanding Jokowi. Jadi PDIP jangan tidak mengirim Jokowi ke gelanggang. Kalau Mega yang dikirim ya kalah dia," tandasnya.










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)