Bisnis

Pembangunan Kuala Tanjung Dilakukan Bersama Port of Amsterdam

Administrator | Kamis, 22 Januari 2015 - 11:55:05 WIB | dibaca: 5582 pembaca

PT Pelindo I (Persero) bekerja sama dengan Port of Rotterdam International, Belanda, dalam membangun pelabuhan laut dalam (deep sea port) Kuala Tanjung, Sumatera Utara, yang menjadi salah satu inti konsep tol laut.

"Kerja sama untuk tahap ini lebih berupa kerja sama dalam bentuk pemberian jasa konsultasi dalam dua area," kata Dirut PT Pelindo I Bambang Eka Cahyana, Rabu (21/1/2015).

Konsultasi itu pertama mengenai pengembangan kompetensi sumber daya manusia Pelindo I di mana mereka memberikan pelatihan manajemen pelabuhan kepada 25 orang karyawannya sekitar sebulan lalu.

"Kenapa kami pilih belajar manajeman pelabuhan dari Port of Rotterdam International? Karena kita tahu kalau bicara 'port managemen', merekalah yang 'the best in the world' (terbaik di dunia)," katanya.

Konsultasi lainnya yaitu tentang model pengembangan Pelabuhan Kuala Tanjung yang dinilai cocok dibangun sebagai pelabuhan pintu gerbang kawasan industri atau "industrial gate port".

"Itu (pelabuhan pintu gerbang kawasan industri) adalah rekomendasi dari jasa konsultasi yang diberikan Port of Rotterdam," katanya.

Pelabuhan yang nantinya dibangun dengan dana awal sebesar US$400 juta itu akan mendukung operasionalisasi Pelabuhan Belawan-Medan dan mengintegrasikannya dengan Kawasan Industri di Sei Mangkei, Sumatera Utara.

Untuk memperkuat sarana pelabuhan dan kawasan industri tersebut, pemerintah juga akan membuat jalan tol Belawan - Medan segera diperpanjang menjadi jalan tol Medan - Belawan - Kuala Tanjung - Sei Mangkei.

Manajer Pelaksana Port of Rotterdam International Roger Classquin mengaku pihaknya optimistis atas keberhasilan proyek pengembangan Pelabuhan Kuala Tanjung yang ditargetkan mulai beroperasi awal 2018.

"Ada pasar yang besar di sana. Ada minyak kelapa sawit, aluminium dan lainnya. Belum lagi di sana juga banyak penduduk yang bisa mendapat pekerjaan dari proyek ini," katanya.

sumber: tribunnews.com

 










Komentar Via Website : 3
Jasa Pengolahan air limbah
10 April 2017 - 15:55:54 WIB
sebenarnya tidak masalah kalau indonesia mau kerjasama dengan manapun, yang penting pembangunan deep sea port yang diusung oleh pemerintah sekarang berjalan dengan baik.

Regard's
http://www.amritaenvironment al.com - Jasa Pengolahan air limbah
Jasa Pengolahan air limbah
10 April 2017 - 15:58:44 WIB
sebenarnya tidak masalah kalau indonesia mau kerjasama dengan manapun, yang penting pembangunan deep sea port yang diusung oleh pemerintah sekarang berjalan dengan baik.

Regard's
www.amritaenvironmental.com - Jasa Pengolahan air limbah
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)