Wisata

Panduan Lengkap Ikut Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba

Administrator | Jumat, 12 Agustus 2016 - 06:11:47 WIB | dibaca: 1725 pembaca

Pelajar SMA menarikan tortor atau manortor dalam ajang Festival Tumba dan Tortor di Desa Huta Nagodang, Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, yang berada tepat di tepian Danau Toba, beberapa waktu lalu. Lomba tortor bagi pelajar SMA dan tumba atau menari sambil menyanyikan lagu Batak bagi pelajar digelar sebagai promosi kekayaan budaya adat Batak.

JAKARTA,  Merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-71 RI pada tanggal 20-21 Agustus 2016, di Parapat dan Balige, Sumatera Utara, digelar "Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba". Ada beragam acara menarik seperti pawai budaya, parade perahu, pentas musik artis Ibu Kota, tarian daerah, opera Batak, dan pesta kuliner.

Bagi Anda yang berminat untuk ikut serta dalam karnaval terbesar di Indonesia ini, berikut panduan lengkapnya:

1. Transportasi

Diasumsikan Anda berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta Jakarta, maka dapat menggunakan penerbangan langsung menuju Bandara Silangit, yang terletak dekat dengan Danau Toba. Ada empat maskapai yang melayani penerbangan dari Jakarta menuju Silangit, yakni Sriwijaya, Lion Air, Garuda Indonesia, dan Wings Air.

(BACA: Perayaan HUT RI Dipusatkan di Danau Toba)

Harga tiket pesawat berkisar dari Rp 700.000 sampai Rp 1 jutaan. Dari bandara menuju Balige berjarak 20 kilometer, sedangkan dari Bandara Silangit menuju Parapat berjarak 77 kilometer.

2. Akomodasi

Ada banyak pilihan akomodasi dari hotel berbintang sampai homestay. Ketua panitia Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba, Premita Fifi merekomendasikan hotel-hotel yang terletak dekat dengan lokasi karnaval di daerah Parapat, yakni Inna Parapat, Patra Jasa, Hotel Niagara, dan Hotel Pardede.

Selain itu ada pula hotel-hotel di sekitar daerah Toledo dan Tomok, Pulau Samosir yang tak jauh dari lokasi karnaval.

 

KOMPAS/RADITYA HELABUMI Bagi masyarakat Karo, uis gara (ulos dalam bahasa Batak) telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, terutama berkaitan dengan acara adat, termasuk upacara pemakaman.
3. Jalur karnaval

 

Anda akan menempuh jalur karnaval sepanjang 3,5 kilometer dari Soposurung hingga Sibulele, melintasi enam bangunan megah yang dibangun tahun 1930 dengan hiasan ukiran kas Batak. Di depan pasar dibangun panggung khusus bagi para tamu.

4. Kuliner

Jangan lewatkan kuliner khas Batak, seperti arsik, mie gomak, dan saksang. Kabar gembira panitia menyediakan food truck yang dapat menambah petualangan kuliner wisatawan.

 

KOMPAS.com/Ni Luh Made Pertiwi F. Mi Gomak
5. Busana

 

Di acara Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba penonton diharapkan mengenakan ulos dan sortali (tutup kepala tenun) untuk memeriahkan acara.

KOMPAS.com

Penulis : Silvita Agmasari
Editor : I Made Asdhiana










Komentar Via Website : 17
Obat kelenjar Tiroid Di Leher
03 November 2016 - 15:27:17 WIB
Mantep Pisan pokonamah!! https://goo.gl/XiZtEB | https://goo.gl/K7cLRz oke kawan
Obat Tradisional Syaraf Kejepit
07 November 2016 - 14:45:01 WIB
Terimakasih, semuat setiap artikel beritanya
https://goo.gl/OKzBXI
Kidney Care Capsule
08 November 2016 - 20:37:43 WIB
I wait for the next article updates | http://jellygamatgoldgtradisional.com/kidney-care-capsule/ | https://goo.gl/U5oklg Oke Brother sip!!
PILOSE ANTLER CAPSULE
06 Desember 2016 - 15:31:47 WIB
Blog Anda Keren min, ane selalu simak beritanya https://goo.gl/MNA1FP | https://mysp.ac/3fn83 Mantep abiss!!!!!!
Hepatsure Capsule Green World
21 Januari 2017 - 10:13:34 WIB
AwalKembali 12 Lanjut Akhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)