Pemerintahan

Layani Masyarakat 24 Jam, Syarat Mentri Yang Diinginkan Jokowi

Administrator | Sabtu, 16 Agustus 2014 - 05:06:03 WIB | dibaca: 2548 pembaca

NEFOSNESW, Jakarta – Jokowi ingin membentuk kabinet yang bisa 24 jam penuh menyumbangkan tenaga dan pikiran. Karena itu Jokowi tak ingin menterinya merangkap jabatan pimpinan partai.

Demikian diungkapkan oleh Tjahjo Kumolo, Sekjen PDI Perjuangan. Menurut Tjahjo, wajar bila terpilih sebagai presiden, Jokowi tidak mau ada menterinya yang masih merangkap jabatan dalam struktural kepengurusan partai.

"Jokowi sebagai presiden terpilih versi KPU, saya kira wajar beliau inginkan kabinet bersih yang berposisi sebagai pejabat partai. Beliau inginkan kabinet kerja," kata Tjahjo di gedung DPR, Jakarta, Jumat (15/8/2014).

Tjahjo menjelaskan, Jokowi ingin kabinetnya kelak bisa 24 jam penuh menyumbangkan tenaga dan pikiran dalam membantu presiden guna melayani rakyat. Sehingga, siapapun yang menjadi menteri dalam kabinet Jokowi, wajib berkomitmen memenuhi cara kerja dan keinginan presiden terpilih itu.

PDI Perjuangan, lanjut Tjahjo, tidak ikut campur dalam menentukan kabinet menteri Jokowi-JK. Hak prerogatif sepenuhnya berada di tangan Jokowi.

Seperti diketahui, sebelumnya Jokowi menandaskan, ingin para menterinya kelak tak merangkap jabatan lagi sebagai ketua partai politik. Kalau hanya kader partai, mantan Wali Kota Solo ini tak masalah.

"Saya pribadi inginnya menteri tidak merangkap di struktur partai, kader boleh lah, saya juga kan (kader PDI Perjuangan). Ya enggak apa-apa ini, tapi itu belum kita bicarakan. Ini baru saya. Tentu saja itu dibicarakan ke seluruh ketum partai," kata  Jokowi, di Balaikota DKI Jakarta, pada Selasa (12/8/2014).

Namun, kabinet Jokowi-JK tetap menunggu keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait gugatan hasil pilpres yang diajukan kubu Prabowo-Hatta. Hingga hari ini, Jumat (15/8/2014), sidang gugatan Prabowo-Hatta sudah memasuki sidang yang ketujuh. (yt astuti/ dpy).










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)