Wisata

Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba akan diselenggarakan di Balige

Administrator | Senin, 15 Agustus 2016 - 13:28:20 WIB | dibaca: 1915 pembaca

Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba akan diselenggarakan di Balige, Kabupten Toba Samosirpada tanggal 21 Agustus 2016 dimulai pukul 15.00 dengan menggunakan jalur sepanjang 3,5 km dari Soposurung hingga Simpang Sibulele. Presiden Jokowi beserta Ibu Riana akan berpartisipasi dalam karnaval ini dengan mengenakan ulos Ragidup Sirara dan Ibu Negara mengenakan ulos bermotif Tum-Tum yang dipersiapkan oleh perancang mode Edward Hutabarat.

Sebanyak 26 provinsi dan 26 kabupaten dan kotamadya di provinsi Sumatera Utara dan 7 kabupaten di kawasan danau Toba telah memastikan keikutsertaannya. Provinsi lain masih ditunggu sampai minggu depan untuk melakukan konfirmasi.

Presentasi karnaval akan berupa 15 mobil hias dengan tema-tema visual berbagai subetnik Batak, iring-iringan 700 wanita berpakaian adat yang menyunggi tandok berisi beras, 300 pemain seruling, 100 wanita penari Cawan, Si Gale-Gale yang ditandu, Tarian 5 Puak, Topeng Huda-Huda dan Gundala-Gundala Karo, Gondang beraneka jenis, Ulubalang, Pesilat Mozak, 400 penari dan pemain gondang gabungan Polri dan TNI Sumatera Utara, 60 orang penari Papua dan Papua Barat, dan berbagai jenis presentasi dari propinsi. Semua tampilan dibingkai dalam tema visual Topeng, Tenun, Kelincahan, dan Maritim.

Yang paling menarik, semua penonton akan mengenakan ulos dan tutup kepala tenun atau sortali. Sehingga karnaval ini akan menjadi ekspresi kegembiraan semua warga masyarakat, karena penonton telah sekaligus menjadi peserta karnaval ini. Desa-desa, komunitas budaya dan berbagai kelompok masyarakat telah bersepakat untuk mendukung dan mensukseskan acara ini.

Jalur karvanal akan melintasi pasar tradisional Balerong yang terdiri dari 6 bangunan megah yang dibangun tahun 1930 dengan hiasan ukiran khas Batak Gorga. Di depan pasar akan dibangun panggung khusus tamu dari negara-negara sahabat, para tetua adat, tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Bupati Kabupaten Toba Samosir, Darwin Siagian, dalam rapat koordinasi di Balige mengatakan:

“Sepanjang hidup kita, mungkin karnaval dengan presiden seperti ini hanya terjadi sekali di Balige. Jadi mari kita nikmati anugrah ini dengan memberikan dukungan bagi kesuksesannya.”

(Jay Wijayanto – Koordinator Pelaksana Karnaval)










Komentar Via Website : 11
Cara Mengobati Kanker Pankreas Secara Alami
12 Oktober 2016 - 14:40:06 WIB
informasi yang sangat bermanfaat, sukses selalu https://goo.gl/T6BUv1
cara mengatasi perut kembung pada bayi
18 Oktober 2016 - 07:42:23 WIB
informasi yang sangat menarik, sukses terus ^_^ https://goo.gl/YRDRxO | https://goo.gl/6Anx4s | https://goo.gl/5u1uiL
Hepatsure Capsule Green World
21 Januari 2017 - 10:13:25 WIB
AwalKembali 12 Lanjut Akhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)