Komunitas

Deklarasi Relawan Jokowi Hongkong Minta Hapus Istilah TKI

Administrator | Minggu, 25 Agustus 2013 - 15:33:03 WIB | dibaca: 1935 pembaca

HONG KONG, PESATNEWS – Para pekerja asal Indonesia di Hong Kong meminta penghapusan istilah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) lalu diganti menjadi Buruh Migran Indonesia (BMI). Istilah BMI lebih manusiawi, menunjukkan kesetaraan, kesamaan hak dan manusiawi.

Hal itu menjadi salah satu resolusi para BMI ketika mendeklarasikan Barisan Relawan Jokowi Presiden 2014 (Relawan Jokowi atau Bara JP) di Victoria Park, Hong Kong, Minggu (25/8). “Kami mendambakan pemimpin yang jujur, mendambakan perubahan,” kata Ketua Relawan Hong Kong Tri Sugito di hadapan para BMI.

“Hanya perubahan itulah yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat mayoritas,” tambah Wakil Ketua, Nur Utami. Dua Wakil Ketua lainnya adalah, Liana Citra dan Laeli.

Nur Utami mengatakan, sedikitnya 150 ribu orang BMI di Hong Kong mendambakan perubahan. BMI sudah terlalu banyak memperoleh perlakuan tidak adil. BMI yang pulang ke Indonesia, di bandara selalu dipersulit, seakan-akan BMI telah melalukan tindak kriminal, padahal kami justru penghasil devisa.

Para BMI menegaskan, mereka keberatan dibawa-bawa oleh Djumhur Hidayat dalam proses Konvensi Partai Demokrat. “Kami tidak mau masuk ranah politik. Kami hanya mau mendukung perubahan dan Jokowi. Partai ogah. Kalau Jokowi, sumbang kampanye pun mau,” kata mereka.

Menurut Nur Utami, 99,99% BMI di Hong Kong adalah pro perubahan, sudah bosan dengan janji-janji pemerintah yang hanya bisa membuat rencana. Maka semua partai politik supaya realistis, jangan lagi mengumbar janji kosong, juga kepada para BMI di Hong Kong.

Sementara itu Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Bidang Hukum, Jalintar Simbolon dan Syafti Hidayat mengungkapkan, Relawan Jokowi telah mendirikan lembaga khusus untuk mendampingi para BMI yang diperlukan tidak adil. “Pro perubahan juga harus selalu melawan ketidakadilan,” tegas Jalintar dan Syafti Hidayat. [*]


Editor : Hasan Basri










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)