Hiburan

Asal Biaya Kongres Relawan Jokowi, Bandung 15 Juni (Now It Can Be Told)

Administrator | Sabtu, 15 Maret 2014 - 08:24:59 WIB | dibaca: 18162 pembaca

JAKARTA, Baranews.co - Dari mana asal biaya Kongres Pendukung Jokowi Se Dunia di Bandung 15 Juni 2013? Kongres, diadakan di Gedung Indonesia Menggugat (GIM), tempat Soekarno diadili 1930.


"Lho, kenapa baru sekarang diungkap dan untuk apa?" Mungin, begitulah pertanyaan anda.


"Now it can be told, sekarang baru bisa diberi tahu," jawab saya. "Perlu diberi tahu, supaya orang jangan mengira ada yang mensponsori gerakan Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP)."


Ada lima orang yang membiayai Kongres Bandung. Pertama, almarhum senior saya yang tercinta, Mulyana W Kusumah, menyumbang sebesar Rp 2,5 juta.


Kemudian sahabat saya, Ferry Alfiand Tjung Phin, menyumbang Rp 3 juta. Ferry, kemudian adalah salah seorang Ketua DPP Bara JP.


Lalu dua sahabat saya di Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Syarif Bastaman menyumbang Rp 1,5 juta, dan Tagor P Simangunsong menyumbang Rp 1,5 juta.


Di tengah Kongres, kepepet tunai, ada sumbangan dari CPS Silaban Rp 300 ribu, dan dari Marvin Simbolon Rp 500 ribu. Keduanya, termasuk penggagas Kongres.


Kekurangan,  saya tutup sendiri. Sebelumnya, sudah jual kerbau di kampung, jadi bisa ketutup.        


Kenapa sih angka diungkap segala?


"Sesudah acara, banyak suara sumbang, seakan-akan ada yang membiayai Kongres Bandung. Sekarang saya  bertanya, apakah ada orang yang merasa menyumbang di luar nama di atas?"


Terima kasih kepada seluruh sahabat dan sesama Relawan Jokowi yang membantu mensukseskan Kongres, terutama Panitia Bandung.


Maka jelas, Bara JP hanya nasionalis yang berserakan, golput yang melembaga. Tapi kini tidak golput lagi, mendukung PDIP dengan Jokowi Capres. Ini ihtiar sejak awal.


Selamat kepada Megawati Soekarnoputri yang dengan heroisme dalam dirinya, mendengar aspirasi rakyat.


 


Sihol Manullang


Ketua Umum Barisan Relawan Jokowi (Bara JP)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)