Pemerintahan

1000 Harapan Rakyat Dari Pemerintahan Jokowi-JK

Administrator | Minggu, 17 Agustus 2014 - 04:55:49 WIB | dibaca: 25400 pembaca

Jokowi adalah tokoh fenomenal, yang dicintai dan didukung rakyat. PILPRES 2014 telah usai dan dimenangkan Jokowi-JK. Ada harapan besar untuk kebangkitan Indonesia. Jokowi telah mendirikan rumah transisi yang dikomandoi oleh tim yang dipercaya, mereka akan bekerja merumuskan implementasi nawa cita, yaitu program-program kerakyatan pemerintahan Jokowi-JK kedepan.

Mari berikan masukan yang konkrit, apa persoalan/masalah dilingkungan kita yang membutuhkan solusi yang cepat dan tepat atau apa yg anda harapkan  untuk dipertimbangkan masuk menjadi program pada pemerintahan mendatang.
 

Silahkan Comment di Grup FB  https://www.facebook.com/groups/2jkwp/ , atau bisa di email ke nawacita.org@gmail.com. Masukan anda  akan dikirimkan ke Tim Jokowi-JK atau sebelumnya akan ditemukan Tim e-Blusukan di halaman ini. Terima Kasih.

Berikut adalah masukan-masukan yang sudah diterima:

1. Hindari Kelompok-kelompok YG Berusaha Mencuri Perhatian Pemerintah dengan klaim telah berjasa dalam pemenangan PILPRES.
2. Kartu Indonesia Sehat
3. Kartu Indonesia Pintar
4. Kartu Pupuk Bersubsidi
5. Kartu BBM Bersubsidi Untuk Nelayan
6. Ciptakan kampung-kampung baru untuk Nelayan yang dekat kepantai, ada akses jalan raya dan dialiri listrik.(Bang Marvin)
7. Sediakan Pinjaman Permodalan Untuk Nelayan.
8. Subsidi atau Hibah perahu bermesin untuk nelayan.
9. Jalur sungai lintasan nelayan hendaknya di keruk dan kedua sisinya ditembok agar Nelayan dapat melaut tanpa harus menunggu air pasang.(Bang Marvin)
10. Tanah-tanah yang sudah dikuasai rakyat, yg diklaim milik PTPN yang HGU nya telah berakhir segera diberikan sertifikat untuk rakyat.(Bang Marvin)
11. Sediakan Pinjaman Permodalan Untuk Petani.
12. Permudah pengurusan Sertifikat Lahan Petani.
13. Sediakan Listrik Untuk Pemukiman Petani. (Bang Marvin)
14. Pengurusan KTP benar-benar Gratis untuk Rakyat.
15. Pengurusan SIM Gratis Untuk Rakyat.
16. Pengurusan SIM sebaiknya jangan di KEPOLISIAN lagi.
17. Jalan Tol Ciawi – Sukabumi dibereskan, karna telah menghabiskan sangat besar subsidi BBM setiap harinya akibat kemacetan yang sangat parah. (Bang Marvin)
18. Setiap Halte Busway memiliki Penyeberangan ke 2 sisi Jalan.(Bang Marvin)
19. Trotoar Pejalan kaki dari halte Busway di bangun dengan memperhatikan aspek keselamatan.(Bang Marvin)
20. Bangun kantor Kecamatan/kelurahan dengan ruangan terbuka, untuk memudahkan dan transparansi Pelayanan.
21. Sediakan Fasilitas Akses Internet Gratis di Setiap Kecamatan.(Bang Marvin)
22. Keluarkan KEPRES yg berisikan Larangan menjadikan lahan dekat sekolah/kampus/rumah sakit menjadi tempat pembuangan/pengumpulan sampah.
23. Pengawasan dan seleksai yang ketat terhadap rekanan/supplier/pelaksana proyek pemerintah.
24. Revisi kurikulum untuk SD,karena terlalu berat bagi anak anak, materi pelajaran terlalu rumit. (Putu Yudita)
25. Koreksi kurikulum 2013...bukannya memudahkan tetapi memberatkan siswa dan para guru karena penerapan dilapangan membingungkan serta fasilitas yg karut marut. Cth, sampai dg hari ini buku yg dijanjikan belum juga terdistribusi dengan baik. Dan pilih mendikbud yg benar2 mengerti jika perlu backgroundnya guru(sekali2).@Frans Braini Azazy)
26.Lahan Transmigrasi tolong diberi sertifikat, sudah sejak 1982 tapi belum serifikat. (Suardi Banglangi Rbl)
27. Pengurusan Ijin Usaha dipermudah dan percepat.(Lamson Hutagaol)
28. Pembayaran dan perpanjangan STNK dilakukan langsung ke bank Pemerintah, jangan dibayar Tunai seperti yang selama ini terjadi, itu rawan penyelewengan. (Ray Sitor Mba)
28. Semoga Bapak Presiden mau menjenguk masyarakat kabupaten sambas... Khusus nya kec.pemangkat.(@Muhammad Nurli)
29. Tolong diawasi pelaksanaan program BPJS, karena masih ada rumah sakit beralasan kamar kelas 1 & 2 penuh lalu di alihkan ke klas VIP....!!! Masa BPJS pake VIP.(@Djenda Mulia)
30. Segera Membuka lapangan perkerjaan secara merata untuk mencegah urbanisasi dengan upah yang layak.(@Didi Sasmito)
31. Segera wujudkan 9 program nyata Jokowi-JK. (@Pariz myname)
32. Satukan tempat kerja bendahara dinas-dinas daerah di bagian keuangan daerah untuk mengurangi tekanan dan peluang korupsi pejabat atasannya. (@Satrio Del Mundo)
33. Dinas PU daerah adalah pengelola semua proyek pemerintah yang menyeleksi ketat rekanan/supplier dan konsultan. Dinas-dinas lainnya adalah pengguna fasilitas dan tidak mengelola proyek agar fokus pada tupoksi kerja dinas untuk pelayanan maksimal kepada masyarakat.(@Satrio Del Mundo)
34. Lelang jabatan dan reformasi birokrasi wajib diterapkan di semua daerah kabupaten/kota untuk peningkatan mutu pelayanan kepada masyarakat sesuai asas good governance, open society, transparency dan akuntabilitas.(@Satrio Del Mundo).
35. Dirikan BUMN untuk mengembangkan Industri Perikanan, termasuk membangun Industri besar untuk pengalengan Ikan.(Bang Marvin)

36.Tolong diperhatikan Pelayanan RSUD Cengkareng-Jakarta Barat, pelayanannya lambat dan sering Pemegang Kartu Jakarta Sehat sangat lambat dilayani dengan alasan kamar penuh, kalau memang selalu penuh harap segera dibangun tambahan ruangan.

37. PROGRAM RUMAH KPR subsidi untuk rakyat menengah ke bawah di tingkatkan lagi, agar rakyat menengah ke bawah yg belum memiliki rumah bisa memiliki rumah, tanpa birokrasi yg berbelit dan biaya yg membuat rakyat susah. (Siti Rahmah)
38. Ratusan Milyar rupiah dana dihabiskan kementerian-kementerian/pemprov untuk melakukan penelitian/riset/studi kelayakan proyek, dll. setiap tahun. Kiranya dibuatkan undang-undang untuk mengatur agar setiap penelitian/riset/studi kelayakan proyek yang dibiayai APBN/APBD agar hasilnya terbuka untuk umum/dapat diakses (dibuatkan di website, dll.), ini sangat berharga buat generasi muda untuk dibedah/dipelajari, mencegah biaya riset yg tinggi tapi hasilnya nihil.
39. Perhatikan daerah perbatasan NKRI, Perhatikan rakyat Papua agar hidupnya setara, berantas korupsi sebersih bersihnya,tuntaskan pelanggaran ham,jangan mengangkat menteri orang yg bermasalah, cari aktifis2 yang hilang. (Darsem AMa)
40. Sekolah-sekolah Negeri kok bisa beda-beda tampilannya, ada yang mewah dan ada yang butut.... harusnya standar bangunan dan fasilitasnya bisa sama/setara, sebaiknya juga ada standar pelayanan minimum dan masyarakat dilibatkan dalam fungsi pengawasan. (Sohibul Waton)
41. eKTP sebaiknya dituntaskan sebagai identitas tunggal, jangan lagi sebagian masih mengeluarkan KTP model kertas. Data base eKTP baiknya di tangani dan dimaintain oleh pemerintah. Data base ini dapat dipergunakan bersama oleh badan-badan pemerintah lainnya, misalnya perpajakan, kepolisian, KPU, dll. Hendaknya pengeluaran NIK dibuatkan sistem yg baik untuk mencegah NIK ganda dan setiap bayi lahir yg mengurus akte lahir hendaknya diikuti dengan pemberian NIK.
42. Semua program pemerintah harus menyeluruh sampai ke pelosok desa bahkan yg terpencil sekalipun(pendidikan, listrik, jalan, kesehatan, air bersih, dll. (Deyen Fulan Suyin)
43. Sosialisasi program pemerintah, Presiden, Menteri, Gubernur, dll. hendaknya berbiaya murah dan transparan. Iklan di televisi tak perlu ber-ulang-ulang, pemasangan Plakat Besi didaerah-daerah itu pemborosan, pemasangan baliho juga cukup beberapa di jalan protokol saja. Sering terjadi sosialisasinya sudah kemana-mana dengan biaya yang besar, ketika dicari aktual programnnya tidak ada. Pemerintah hendaknya menggunakan internet dan media sosial, itu akan sangat menghemat anggaran.
44. KORUPSI PERJALANAN DINAS. Tolong diciptakan satu sistem untuk menjaga agar tidak terjadi perjalanan dinas"BODONG". Itu banyak terjadi di berbagai instansi pemerintah bahkan di Universitas-Universitas Negeri dan mungkin sudah menjadi budaya dan kegiatan rutin untuk korup. Formulir perjalanan dinasnya ada, tiketnya ada, uangnya diambil tapi ternyata "PERJALANAN DINAS TERSEBUT TIDAK PERNAH DILAKUKAN". Baiknya dibuatkan satu buku putih pejabat pemerintahan Jokowi-JK yg berisikan Pakta perjanjian untuk tidak korup.
45. Pembenahan dalam setiap aparatur pemerintah mulai dari atas sampe' bawah,demi menghindari macetnya bantuan dari pemerintah,karna sejauh ini masih banyak bantuan2 yg masih belum bisa sampai ketangan masyarakat yg tepat,jadi itu yg utama,lahirkan Jokowi2 muda yg siap meneror para pejabat2 yg malas,korupsi,dan tdk mengemban amanah.Phyrite Xuarsa Virust
46. Semoga Pemerintahan JOKOWI-JK Lebih Transparan. Tjiwie Sjamsuddin
47. Belajar membangun Demokrasi Sehat ,dengan memahami Sepenuh Hati REVOLUSI MENTAL. Acil Partawijaya
49. Hendaknya pemerintah/Pertamina langsung membeli BBM dari produsen bukan melalui agen agar lebih hemat, karna uang komisi dan selisih harga oleh agen, mis, Petral sangat lah besar (TRILIUN-AN).
50. Revolusi Mental Paling Utama - membangun Indonesia Merdeka dari segala ketidak adilan...Maria Goretti
51. Sebaiknya dibuat time schedule dan prioritas kerja. Edward P Marpaung SE
52. Revolusi Mental dibenahi SERIUS......, Lembaga-lembaga pemerintah, kantor-kantor kementerian, kantor kedutaan di LN, kantor gubernur, kantor walikota, kantor bupati, kantor kecamatan, kantor kelurahan, terutama kantor samsat tempat bikin SIM, sebenarnya diisi oleh "manusia" tapi tidak "manusiawi", meminta uang dari rakyat lebih dari yg seharusnya.
53. Banyak ditemukan palang kereta api yang tidak dipindahkan (diperlebar) ke sisi jalan, termasuk tiang2 besi yg digunakan sebagai pengaman walaupun jalan rayanya sudah diperlebar. Sehingga jalan pada perlintasan kereta tetap sempit dan mengakibatkan kemacetan. NN
54. WC diterminal Kalideres, Jakarta Barat, samping sisi kanan (1 m) menuju halte busway, sangat bau busukkkkkkkkkkk dan bangunannya amburadul, air buangan mampet dan meluber diareal sekitarnya, hendaknya pemerintah segera membereskannya karna baunya sangat menusuk dan dapat mengakibatkan penumpang busway yang melintas dan ngantri menjadi sakit. NN

*****************************************************************************************
55. Jaga aset2 Negara. Astrajingga
56. Khusus tahanan korupsi tak ada grasi dan remisinya.@Agung Agung Istiadi
57. Kurikulum 2013 harus dievaluasi karena penerapan tidak seperti yg diharapkan.@Frans Frans Brainy Azazie
58. Agar dibangun pembangkit listrik di daerah terpencil dan perbatasan. Pembangkit yg berasal dr sumber daya air dan matahari,jd kl bhn bakar susah dijangkau tetap jalan. Patricia Paramita
59. Tingkatkan terus studi2 ttg sumber energi dr air dan matahari,itu penting krn bhn bakar dr migas terus menipis. @Patricia Paramita
60. Bangun kilang minyak sendiri,jg pabrik2 pengolahan yg bahan dasarnya bnyk di indonesia,jd g perlu dikirim keluar negri,bs menekan harga.@Patricia Paramita
61. Mohon di percepat pembangunan jln Tol. Ci Awi - Sukabumi.......dan di percepat Kab. Sukabumi di mekar kan 1. Sukabumi Utara dan 2. Sukabumi selatan. Dgn ter realisasi nya tsb.akan memudah kan bisnis......dgn jkt...@Raden Kian Santang
62. Hukum utk perlindungan hewan langka dan dilindungi tlg direvisi. Kurang menjerat,gampang diabaikan pdhl indonesia termasuk negara memiliki spesies fauna terbesar di dunia. @Patricia Paramita
63. Para Koruptor agar di buat penjara tersendiri yang tidak boleh dijenguk oleh istri/suami dan keluarganya. Penjara terpencil, seperti Nusa Kambangan.@Ray Ray Sitor Mba
64. Buat standar gaji para buruh atau kuli bangunan sesuai dengan standar gaji PNS. Lisyn Z
65. Pulau Samosir lahan pertaniannya sangat subur, hanya sering terganggu karena kekeringan. Disarankan Pemerintah membangun bendungan/DAM untuk mengairi sawah-sawah pertanian tersebut. Bang Marvin
66. Kiranya segera disosialisasikan penggunaan gas untuk pengganti bahan bakar minyak yg digunakan mesin-mesin pompa petani maupun untuk kebutuhan nelayan. NN
67. Prioritaskan pemerataan pembagunan, bangun sarana dan fasilitasnya dahulu. contoh: PELABUHAN dan JALAN jika perlu BANDARA sebagai sarana transport penumpang dan barang di daerah. @Raden Suro Gemblung

68. Pemerintah hendaknya memutasi pejabat-pejabat teras dari rezim pemerintahan sebelumnya untuk menghindari resistansi dari program program pemerintah yang baru. Sudah terbukti sangat sedikit dari mereka yg punya integritas untuk kemajuan bangsa dan rakyat, mereka sangat rakus dan cenderung memperkaya diri sendiri dan kelompoknya.

69. Kiranya pemerintah dapat membangun perpustakaan perpustakaan yg skalanya besar di seluruh kota2 di Indonesia. Atau jika mungkin bekerja sama dengan pengusaha untuk membangun toko-toko buku di kota-kota indonesia, agar masyarakat maupun pelajar bisa mendapatkan buku-buku bermutu seperti dikota-kota besar lainnya.

70. Pemerintah diharapkan transparan akan tugas dan tanggung jawab kementrian-kementrian dan program-programnya, informasi tersebut kiranya dapat diakses publik.

71. Bersambung.....










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)